Presiden Suriname Divonis 20 Tahun Penjara Atas Pembunuhan 15 Musuh Politik

Paramaribo – Presiden Suriname, Desi Bouterse, dinyatakan bersalah atas pembunuhan 15 musuh politiknya tahun 1982 lalu. Oleh pengadilan setempat, Bouterse dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Sabtu (30/11/2019), putusan yang dijatuhkan panel tiga hakim di pengadilan Paramaribo pada Jumat (29/11) waktu setempat ini menandai akhir dari persidangan bersejarah yang dimulai November 2007 lalu. Meskipun tidak diketahui jelas apa yang akan terjadi selanjutnya.

Hakim-hakim yang menjatuhkan vonis tidak merilis surat perintah penangkapan untuk Bouterse, yang memimpin Suriname sejak kudeta militer tahun 1980.

Tampaknya Bouterse tidak akan langsung mendekam di penjara. Di bawah aturan hukum Suriname, Bouterse tidak bisa ditangkap hingga seluruh proses banding selesai dilakukan.

Pengacara Bouterse, Irvin Kanhai, dengan segera mengajukan banding atas putusan tersebut. Kanhai menyebut vonis itu sebagai ‘putusan politik’. Bouterse diketahui kini sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke China dan belum bisa dimintai komentar.

Sesaat usai pengadilan menjatuhkan putusannya, pemerintah Suriname meminta warga untuk tetap tenang. “Demokrasi tetap menjadi yang paling penting,” demikian pernyataan resmi pemerintah Suriname usai putusan pengadilan atas Bouterse.

 

https://news.detik.com/internasional/d-4804432/presiden-suriname-divonis-20-tahun-penjara-atas-pembunuhan-15-musuh-politik

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply