Donald Trump Dimakzulkan Lewat Proses Konstitusi Pertama Kali

Koranasia.com – Trump resmi dimakzulkan oleh DPR AS. Dalam voting yang dilakukan pada rabu 18/12/2019, malam waktu AS atau Kamis 19/12/2019 pukul 8.00 WIB, mayoritas DPR menyetujui Trump dimakzulkan.

Pemakzulan tersebut didasarkan pada tindakan Trump yang meminta bantuan pimpinan Ukraina untuk menginvestigasi lawannya dalam pemilu Presiden AS 2020, Joe Biden.

Rencananya pemakzulan ini akan dilakukan setelah DPR menyetujui dua pasal yang memastikan bahwa Trump telah melakukan ‘kejahatan tinggi dan tindakan buruk’ dengan menyelewengkan kekuasaan dan menghambat kinerja Kongres AS.

Trump juga menghambat penyelidikan yang dilakukan Kongres AS. Ia juga menolak bekerjasama dengan DPR dalam penyelidikan ini serta meminta pejabat di sekitarnya untuk tidak memberikan dokumen ataupun keterangan.

Anggota Komite Aturan DPR AS bertemu pada Selasa 17 Desember 2019 untuk menentukan pengaturan dalam pemungutan suara pemakzulan.

Jika disetujui oleh seluruh anggota dewan, Trump akan menjadi Presiden AS ketiga yang dimakzulkan setelah Andrew Johnson dan Bill Clinton.

Namun, sebelumnya tak ada presiden yang dimakzulkan lewat proses yang disediakan dalam konstitusi.

Presiden Trump akan menjadi yang pertama dimakzulkan lewat proses tersebut karena tindakan tak etis yang ia lakukan sebelumnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan